Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi PGMI di MI Quraniyah Palembang

Kegiatan PKM ini mengusung tajuk pelatihan Pengembangan RPP tematik untuk guru. Latar belakang kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP tematik. Mengingat, masih banyaknya guru MI yang mengalami kesulitan dalam mengiplementasikannya.

Acara yg dibuka oleh Kaprodi PGMI ini berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam sambutannya, Kaprodi PGMI, Dr. Hj. Mardiah Astuti menyatakan bahwa kegiatan PKM ini merupakan Pengembangan RPP tematik. Ini dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Sementara itu, konten pelatihan diarahkan pada muatan pengembangan, pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau disebut dengan RPP Tematik. Dalam pelatihan ini, guru dilatih dalam Penyusunan RPP Tematik dilakukan dengan  sebagai berikut:

  1. Menentukan tema yang akan dikaji bersama siswa;
  2. Memetakan KD-KD dan indikator yang akan dicapai dalam tema-tema yang telah disepakati;
  3. Menetapkan jaringan tema;
  4. Menyusun Silabus Tematik;
  5. Menyusun RPP pembelajaran tematik.

Sumber : Humas PGMI

 

X