Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa Prodi PGMI TA 2018/2019

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang pada hari Senin tanggal 24 Juni 2019 mengadakan kegiatan Seminar Proposal Skripsi untuk mahasiswa Prodi PGMI Angkatan 2016, yang bertempat di gedung seminar Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.

Kaprodi PGMI, Dr. Hj. Mardiah Astuti, M.Pd.I., menyampaikan bahwa kegiatan seminar proposal skripsi ini merupakan tahapan yang harus dilalui mahasiswa PGMI tingkat akhir sebelum menyelesaikan skripsi. Melalui kegiatan ini nantinya proposal skripsi yang telah diajukan mahasiswa akan dipertimbangkan apakah proposal skripsi tersebut layak untuk dilanjutkan dalam penelitian skripsi atau tidak. Jika layak dan telah direvisi sesuai masukan para penguji, maka judul penelitian yang telah diseminarkan tersebut dapat dilanjutkan untuk penelitian skripsi mahasiswa.

Sementara itu menurut Sekprodi PGMI, Dr. Tutut Handayani, M.Pd.I menjelaskankan bahwa secara sederhananya dapat dielaskan bahwa seminar proposal skripsi yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan akademik untuk menguji kelayakan judul skripsi yang telah diajukan mahasiswa. Jika judul tersebut layak, maka bisa dilanjutkan untuk diteliti dalam skripsi, begitu pula sebaliknya. Kelayakan tersebut dinilai dari kualitas proposal yang telah disusun, penguasaan mahasiswa terhadap permasalahan dan metologi penelitian yang akan diteliti, dan juga kebaharuan yang dihasilkan dari penelitian tersebut nantinya.

Seminar proposal skripsi ini diikuti oleh mahasiswa PGMI angkatan 2016 dengan tim seminar yang terdiri dari dosen-dosen Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang telah dijadwalkan sesuai dengan tempat dan waktu yang telah ditetapkan. Bidang keilmuan dosen menjadi salah satu pertimbangan penting dalam pembentukan tim seminar dengan mempertimbangkan judul penelitian yang diajukan oleh mahasiswa. (AF)

X