Workshop Akreditasi Program Studi 9 Kriteria

Palembang – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan Workshop PGMI se-Sumbagsel. Kegiatan ini bertempat di Hotel Duta, pada tanggal  16-17 September 2019.

HUMAS-UINRF — Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang mengadakan workshop, dengan mengusung 3 materi utama yaitu akreditasi 9 kriteria, KKNI dan SKPI, dan Pelatihan jurnal, yang mana Materi pertama adalah Akreditasi 9 kriteria, dengan narasumber Dr. Fajri Ismail, M.Pd.I dan moderator M. Afandi, M.Pd.

Sebagai salah satu prodi visioner di FITK, Prodi PGMI FITK terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya diukur dengan akreditasi program studi yang ada. Saat ini Prodi PGMI bukan hanya berupaya meningkatkan akreditasi taraf nasional, melainkan juga taraf internasional.

Materi kedua pada kegiatan ini berkaitan dengan KKNI dan SKPI dengan narasumber Dr.Tutut Handayani dan moderator Hani Atus Sholikhah, M.Pd. Materi KKNI dikembangkan dengan mengelola aspek kedalaman dan keluasan materi pada kelompok mata kuliah. KKNI sendiri sangat penting bagi pengembangan prodi terutama dalam rangka menunjang akreditasi prodi. Sementara itu, SKPI merupakan surat keterangan pendamping ijazah, bagi mahasiswa.

Dalam sesi diskusi, narasumber menyampaikan bahwa SKPI di Prodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang merupakan KMD Pramuka, sertifikat tahfidz, dan sertifikat ICT.

Materi ketiga disampaikan oleh OJS Jurnal, Fuaddilah Ali Sofyan, M.Pd. Materi Jurnal diarahkan pada aspek pengelolaan jurnal dengan tujuannya agar seluruh jurnal Prodi PGMI Sumbagsel dapat terakreditasi.

Sementara itu, kehadiran para peserta Prodi  PGMI se-Sumbagsel menjadi ajang utk saling berbagi sebagai mitra. Secara umum, workshop berjalan lancar dan para peserta dari Prodi PGMI se-Sumbagsel  antusias mengikuti workshop ini.

Sumber : HUMAS-FITK (Arip / Liza)

X