Seminar Nasional PD PGMI se-Sumatra

Rabu, 20 Mei 2020, PD PGMI yang diketuai oleh Dr.Hj.Mardiah Astuti (Kaprodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang) kembali mengadakan seminar nasional secara daring. Seminar yang diikuti oleh 460 peserta.

Kegiatan seminar nasional yg diadakan oleh PGMI UIN Suska Riau bekerja sama dg koordinator wilayah sumatera yg dikoordinatiri oleh Dr.HJ. Mardiah Astuti, M.Pd.I yg jg sebagai ketua prodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang.

Webinar nasional yg bertema “peluang dan tantangan penelitian dan PKM pada jenjang pendidikan dasar di masa covid 19” ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Seminar ini dg narasumber Dr. Salminawati, MA., Dr.Suwandi, M.Ag., Dr.Yulia Tri Samiaha., dan Dr.Nursalim, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dr.Hj mardiah astuti, menyampaikan, “Sebagaimana sama2 kita ketahui, tugas pokok seorang dosen ada 3 domain yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tugas-tugas ini dikemas rapi dalam wadah Tridharma Perguruan Tinggi yang selama ini diembannya. Itu artinya tugas seorang dosen selain mengajar pun membimbing mahasiswa. Dosen diwajibkan pula untuk melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat disekitarnya. Sayangnya, dua poin terakhir ini masih sering dianggap sebagai sebuah ‘pekerjaan sampingan’. Seorang dosen lebih berfokus pada tugas rutinnya sebagai pengajar serta pembimbing mahasiswa ketimbang melakukan inovasi baru melalui kegiataan penelitian.
Karena itu, melalui kegiatan PD PGMI, khususnya wilayah Sumatra ini, kita akan sama2 saling bahu membahu utk mengembangkan potensi Prodi PGMI di kampus kita masing masing. Utamanya, dalam kegiatan webinar ini, semoga tridarma PT, khususnya penelitian dan Pengabdian dpt semakin kita maksimalkan.”

Di akhir sambutan, Dr.Hj. Mardiah Astuti menyampaikan apresiasi pada kegiatan yg berskala nasional ini dan sgt diharapkan utk ada kegiatan berikutnya.

Dalam wawancaranya, Dr. Mardiah Astuti mengatakan, PGMI sebagai prodi yg menghasilkan alumni guru pendidikan dasar memiliki peluang yg besar di negara ini. Indonesia adalah negara yang mengedepankan pendidikan, karena pendidikan adalah kunci utama Indonesia mampu bersaing dalam kancah Internasional. Dalam dunia pendidikan, salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah kualitas guru di Indonesia, karena guru merupakan kunci penggerak utama dalam dunia pendidikan, pendidikan tanpa seorang guru tidaklah ada harganya.

(Humas PGMI)

X