Seminar Proposal Program Studi PGMI Mahasiswa Angkatan 2017 Periode Juni 2020 Berbasis Daring

HUMAS PGMI — Kaprodi PGMI, Dr. Hj. Mardiah Astuti, M. Pd. I dalam sambutan pembukaan ujian seminar proposal mengatakan, “meski sedang dalam masa pandemi, PGMI tidak ingin menghambat proses studi dan karir mahasiswa, bahkan kami sangat mendukung mahasiswa untuk dapat segera menyelesaikan studi tepat waktu. Oleh karena itu kami mengupayakan ujian daring ini. Bagi mahasiswa yang telah mengikuti seminar proposal, dapat melanjutkan penelitiannya ke skripsi untuk mendapatkan gelar S.Pd (Sarjana Pendidikan). Ini menjadi pengalaman yang tidak akan dilupakan oleh para mahasiswa. Begitu pula dengan para dosen penguji. Alasannya sederhana, di tengah merebaknya pandemi COVID-19, seminar proposal tetap diadakan secara daring,” tutup beliau di akhir sambutannya.

Perwakilan mahasiswa PGMI angkatan 2017 Renaldy Pratama dan Sandra Atika menyampaikan pendapat mereka bahwa ujian seminar proposal berbasis daring ini sangat membantu mahasiswa dalam kelancaran proses studi. Walaupun dalam situasi pandemi covid-19,  mahasiswa PGMI tetap dapat  menyelesaikan masa studi tepat waktu 3.5 thn.

Sekretaris Prodi, Dr. Tutut Handayani menyampaikan tentang  teknis seminar proposal ini, “Prodi menetapkan jadwal seminar sesuai nomor urut dengan dewan penguji yang tiga hari sebelumnya telah membaca proposal penelitian mahasiswa. Selanjutnya dosen mengamati dan mengawal presentasi dari peserta pada saat seminar proposal. Selama proses seminar proposal, setiap penguji memberikan setidaknya minimal enam pertanyaan.  Mahasiswa dipersilahkan memberikan jawaban terhadap pertanyaan  sesingkat dan seargumentatif mungkin untuk dijadikan bahan penilaian apakah proposal yang bersangkutan layak diterima dan atau sebaliknya ditolak. Sempro ini kemudian ditutup dengan masukan dan saran dari dewan penguji sebelum ditetapkan oleh Ketua Prodi.

 

Melalui seminar online yang berlangsung lancar dan kondusif ini,  perwakilan peserta menyatakan bahwa  mereka sangat berterima kasih karena mendapatkan masukan yang lebih rinci dan terarah sehingga menjadi bahan perbaikan yang komprehensif untuk proposal mereka.

(Humas PGMI)

X