IKA dan HMPS PGMI Adakan Seminar Daring Nasional

Palembang РRabu, Tanggal 15 Juli 2020, HMPS PGMI dan Ikatan alumni PGMI UIN Raden Fatah palembang mengadakan kegiatan yang sama, namun dengan tema yg berbeda, yakni Pendidikan di Era New Normal untuk Pendidikan Dasar/MI.

Dalam sambutannya, Kaprodi PGMI, Dr. Hj. Mardiah Astuti, M.Pd.I menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan webinar dapat menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa maupun guru tentang pendidikan di Era New Normal untuk pendidikan Dasar/MI dengan harapan para pendidik terutama lulusan PGMI UIN Raden Fatah Palembang dapat mengaplikasikan proses pembelajaran secara daring (online) agar lebih bermutu.

Selanjutnya, ketua IKA PGMI, Amir Hamzah, M.Pd menyampaikan bahwa ucapan terima kasih kepada narasumber, panitia yang terlibat maupun rekan-rekan mahasiswa yang telah hadir di kesempatan webinar yang dilakukan oleh IKA Alumni PGMI dan HMPS. Seperti harapan semuanya, ini berlangsung dengan baik dan semoga dapat memberikan informasi awal terbentuknya IKA Alumni PGMI.

Sementara itu, dalam sambutannya, ketua HMPS PGMI, Mamkua, menyampaikan bahwa ucapan terimakasih kepada panitia, kepada narasumber dan peserta sekaligus permohonan maaf apabila ada kekurangan terkait pelaksanaan webinar. HMPS menyampaikan harapan akan ada acara kolaborasi yang kedua dan seterusnya antara Ika Alumni PGMI dan HMPS PGMI untuk kedepannya, dan semoga wabah covid 19 ini cepet berlalu agar bisa melaksanakan agenda kolaborasi secara langsung.

Acara diisi oleh para narasumber, yakni Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd. I, Dr. Amirul Mukminin, M.Pd.I dan Dr. Ana Fitrotunnisa, M.Pd. I

Dalam materinya, Dr. Fajri Ismail menyampaikan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) dalam masa pandemi covid 19 mempunyai berbagai bidang garapan seperti, metode mengajar, strategi mengajar, model mengajar, prosedur penelitian, media pembelajaran maupun kegiatan pembelajaran melalui daring (online).

Sementara itu, narasumber kedua, Dr. Amirul Mukminin menyampaikan mengenai pendidikan/pembelajaran jarak jauh yang meliputi, jenis-jenis, komponen serta contoh skenario pembelajaran yg efektif dan lembar kerja peserta didik untuk pembelajaran jarak jauh.

Selanjutnya, narasumber ketiga, Dr. Ana Fitrotunisa menyampaikan bahwa penting bagi guru untuk mempelajari teknologi yang tersedia seperti, zoom, google meet, WhatsApp, Instagram, google classroom dan lain sebagainya. Agar tetap dapat melakukan proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19. walaupun proses pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 yang dilakukan secara daring oleh pendidik dan peserta didik untuk berinteraksi. Dalam hal ini sangat diharapkan kerja sama dengan orang tua peserta didik agar mendampingi anak pada saat pembelajaran daring (online) secara penuh.

Secara umum acara berjalan dengan lancar dengan diikuti ratusan peserta dari beberapa daerah di Sumsel dan lainnya.

X