PKM Daring Prodi PGMI FITK se-Sumsel Berjalan Sukses

Palembang — Pengabdian masyarakat daring Prodi PGMI hari Selasa, 13 Oktober 2020

Prodi PGMI FITK kembali mengadakan pengabdian kepada masyarakat se-Sumsel. PKM ini dilakukan secara daring dengan melibatkan MI-MI se Sumsel. Tidak kurang dari 20 MI se-Sumsel mengikuti kegiatan ini, secara runtun dari awal sampai akhir. Peserta rata-rata adalah guru MI. Selain itu, beberapa peserta adalah dosen PGMI.

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan Kaprodi PGMI, Dr. Tutut Handayani, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan Terima kasih tak terhingga bapak/ibu semua peserta atas supportnya pada kegiatan pengabdian masyarakat prodi PGMI. Sebagai kaprodi PGMI, beliau juga mohon agar bpk/ibu guru tetap berkoordinasi karena insyaAllah akan ada kegiatan selanjutnya.

Sementara itu, acara ini dibuka oleh Dekan FITK, Prof.Dr.Abdullah Idi, M.Ed. Secara khusus beliau menyampaikan apresiasi kepada Prodi PGMI karena telah menyelenggarakan acara ini dengan baik. Beliau berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh Prodi yang lainnya.

Berikutnya adalah acara inti yang disampaikan materi oleh salah satu dosen PGMI sebagai narasumber, yakni Amir Hamzah, M.Pd. dan M. Afandi, M.Pd.I. Dalam materinya, narasumber menyampaikan bahwa penggunaan berbagai jenis aplikasi dan layanan online untuk pembuatan soal dapat mempermudah guru untuk melakukan evaluasi terhadap pesertadidik, kini lebih mudah dengan membuat konten soal mengunakan Wondershare Quiz Creator. Aplikasi ini digunakan untuk membuat soal. Baik soal online maupun soal offline. Soal ini bisa kita gunakan untuk keperluan evaluasi siswa MI, seperti ulangan. Quiz ini memiliki beberapa tahap prosedural, yang mana ini dijelaskan secara rinci oleh narasumber.

Secara umum PKM ini berjalan dengan lancar dan sukses. Ini terlihat dari membludaknya para peserta, di luar dari ekspektasi panitia. Diharapkan setelah acara ini para peserta semakin mudah dalam penilaian ke siswa.

(Humas PGMI)

X