Orientasi Mahasiswa Baru PGMI dan Workshop Pendidikan Karya Tulis Ilmiah oleh HMPS

UIN RF – HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang mengadakan orientasi dan workshop untuk mahasiswa baru dengan menerapkan semi offline dan tetap melakukan protokol kesehatan.

Pada tanggal 26 Oktober 2020 pada pukul 08:30 Wib, Pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru PGMI yang dibuka oleh Ketua Prodi PGMI Ibu Dr. Tutut Handayani, M.Pd.I, dan di dampingi perwakilan Dosen Prodi PGMI.

Setiap kelas PGMI 2020 mengirimkan satu perwakilan mahasiswa baru untuk menghadiri acara Orientasi mahasiswa baru dan Workshop karya tulis ilmiah yang diadakan HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang. PGMI 2020 memiliki 6 kelas, yang mana ada 6 perwakilan mahasiswa baru yang hadir diacara HMPS PGMI.

Acara HMPS PGMI ini menerapkan Semi Offline yang mana 6 perwakilan setiap kelas hadir di tempat dan semua kelas lainnya bisa mengikuti acara melalui aplikasi Zoom.

Pada tanggal 26 Oktober 2020 pada pukul 10:00 Wib, Mulainya Workshop Karya Tulis Ilmiah yang disampaikan oleh Bapak Dr. Elhefni, M.Pd.I, Bapak Dr. Elhefni, M.Pd.I menyampaikan “Seorang Mahasiswa harus unggul dalam Akademis dan Jaringan dengan cara; pertama, minta Ridho Orang Tua, dan kedua, Sering-sering silaturahmi memperbanyak jaringan”.

“Seorang Mahasiswa Minimal IPK 3.0, tetapi kalau PGMI sekarang tidak boleh dibawah IPK 3.5” (Dr. Elhefni, M.Pd.I). “Seorang Mahasiswa selama kuliah pasti akan membuat karya tulis ilmiah. Karya Tulis Ilmiah meliputi, Pembuatan Resume, Makalah, Artikel dan Skripsi” (Dr. Elhefni, M.Pd.I).

Dr. Elhefni, M.Pd.I menyampaikan bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar, dengan menggunakan office dan mendeley. “Office terdiri dari Tabel, Gambar, Lampiran, Daftar isi, Bab, dan Daftar Pustka, Sedangkan Mendeley mempermudah kita dalam penyusunan Daftar Pustaka dan Catatan Kaki secara otomatis”. (Dr. Elhefni, M.Pd.I)

Seorang Mahasiswa harus mempunyai aplikasi Mendeley apabila dalam pembuatan makalah/skripsi yang memiliki halaman ratusan, karena mendeley mempermudah kita menyusun daftar pustaka.

Susunan Panitia Pelaksana Acara HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang :

Ketua Pelaksana Acara HMPS PGMI : Muhammad Hulkin.

Sekretaris Pelaksana Acara HMPS PGMI : Nyayu Robi’atul Adawiyah.

Bendahara Pelaksana Acara HMPS PGMI : Yuniah Sutanda Putri.

Jajaran HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang :

Ketua Umum HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang : Mamkua.

Wakil Ketua Umum HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang : Muhammad Hulkin.

Sekretaris Umum HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang : M. Ferry Irawan.

Bendahara Umum HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang : Yuniah Sutanda Putri.

Acara HMPS PGMI UIN Raden Fatah Palembang di support oleh:

Ketua Prodi PGMI UIN Raden Fatah Palembang : Dr. Tutut Handayani, M.Pd.I,

Dosen Senat FITK UIN Raden Fatah Palembang : Dr. Faisal Abdullah, M.Pd.I

 

(Humas PGMI)

X