Workshop Penyusunan RPS Prodi PGMI Sesuai SN-Dikti dan KKNI

UIN RF — Bertempat di ruang seminar Lt 4 FITK, Prodi PGMI mengadakan workshop penyusunan RPS PGMI.

Kaprodi PGMI, Dr. Tutut Handayani, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan berkaitan dengan ramainya perbincangan tentang program BAN-PT untuk menggunakan Outcomes Based Education (OBE) sebagai penyempurnaan terhadap sistem akreditasi nasional yang selama ini digunakan. Apalagi, hal ini sejalan dengan sebagian besar lembaga akreditasi/sertifikasi internasional yang telah menggunakannya sebagai basis evaluasinya. Karena itu, penting bagi PGMI sebagai bagian dari dunia pendidikan tinggi, untuk menguasai penerapannta. Dala operasional lingkup program studi PGMI, paradigma ini akan diimplementasikan dalam bentuk kurikulum dan perangkat pendukungnya. Kurikulum merupakan suatu blue print proses pendidikan yang dapat menentukan mutu lulusan dari suatu program studi. Karenanya, untuk membantu Program Studi menguasai implementasi KKNI dan penjamin mutunya, mulai dari menyusun, melaksanakan, mengases dan mengevaluasi RPS berbasis outcome.

Acara dibuka oleh Dekan FITK, Prof.Dr.Abdullah Idi, M.Ed. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya kepada Prodi PGMI atas terlaksananya acara ini. Beliau berharap semoga bisa dijadikan acuan serta pembelajaran untuk penyelenggaraan maupun keikutsertaan pada kegiatan selanjutnya.

Narasumber workshop, Dr. Sardianto Markos Siahaan, M.Si.M.Pd. menyampaikan komponen-komponen penting dalam penyusunan RPS. Mengingat pentingnya Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai dokumen perencanaan pembelajaran, ini harus disusun sebagai panduan bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekprodi PGMI, Dra. Nurlaeli, M.Pd.I menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah
(1) meningkatkan kemampuan dan pemahaman dosen PGMI, (2)
mendapat kemampuan dan penguasaan pengetahuan terkait materi yang diberikan ahli pakar yang kompeten di bidangnya, (3)
sebagai wadah bagi dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada para mahasiswa, sekaligus memantapkan kurikulum dan kualitas dosen sesuai visi misi yang diharapkan.

Humas PGMI

X