Pengabdian Kepada Masyarakat PGMI FITK di Rumah Baca Alquran (RBA) Jakabaring

Prodi PGMI FITK Kembali mengadakan PKM Mandiri ke RBA Jakabaring Palembang, Jumat, 5 Maret 2021. Hadir dalam kegiatan ini adalah Kaprodi sekprodi PGMI, para mahasiswa, dan para alumni. Hadir pula kaprodi PGMI periode sebelumnya, Dr.Hj.Mardiah Atuti, M.Pd.I dan Drs.Ahmad Syarifuddin, M.Pd.I

Kepala RBA yang merupakan juga dosen PGMI FITK, Dr.Elhefni, M.Pd.I menyampaikan sambutannya dan rasa terima kasih atas kepedulian teman-teman dari PGMI.Beliau secara khusus memberikan apresiasi atas terlaksananya acara ini, yang mana ini merupakan yang perdana bagi RBA ini.

Acara dibuka langsung oleh kaprodi PGMI, Dr. Tutut Handayani, M.Pd.I. Dalam Sambutannya, beliau menyampaikan, “Kegiatan PKM ini penting sebagai upaya kami untuk membumikan Alquran kepada masyarakat, khusunya anak-anak. Artinya bahwa pada umumnya fungsi laten dari sebuah Kitab Suci adalah sebagai petunjuk hidup bagi umat agamanya. Lebih jauh, secara aplikatif, Kitab Suci kemudian merangkul fungsi informatif dan performatif untuk memenuhi kebutuhan dari komunitas penerimanya. Dalam Islam sendiri, Nabi Muhammad SAW bertugas sebagai penjabar makna-makna Al-Qur’an yang dalam situasi dan konteks tertentu dikonfirmasi oleh para sahabat beliau.”

Sementara itu, salah satu narasumber PKM ini adalah Miftahul Husni, M.Pd.I yang merupakan kepala lab rumah tahfidz PGMI. Beliau menyampaikan, “Terdapat tiga kunci untuk lancar membaca Alquran dengan menggunakan metode tersebut. Pertama, seseorang itu harus menguasai huruf Alquran yang jumlahnya 30 huruf. Sementara, sms lån direkt kunci yang kedua harus bisa menguasai tanda baca Alquran yang jumlahnya ada delapan tanda baca. Sementara, kunci yang ketiga, dengan menguasai tajwid yang ada dalam Al-Quran. Dimana, untuk menguasai tajwid tersebut dapat dipraktekkan seiring dengan praktik yang dilakukan setelah kegiatan ini kedepannya.”

X