Festival Seni Budaya dan Pameran Seni Mahasiswa Prodi PGMI FITK 2022

Festival Seni Budaya dan Pameran Seni Mahasiswa Prodi PGMI FITK 2022

HUMAS – UINRF — Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang mengadakan kegiatan rutin tahunan yaitu, kegiatan Festival Seni dan Pameran Seni Mahasiswa, dalam rangka Ujian Akhir Semester mata kuliah Seni Budaya dan Prakarya Mahasiswa semester lima. Mahasiswa peserta dalam kegiatan ini berjumlah 200 orang, yang terdiri dari 6 kelas. Kegiatan dilaksanakan di gedung Academic Center,  Rabu 7 Desember 2022.

Laporan Ketua Panlak disampaikan oleh Darul Maulana, yang menyampaikan bahwa kegiatan pentas seni ini akan dibawakan oleh Mahasiswa PGMI angkatan 2020 yang berjumlah 6 kelas. Masing-masing kelas akan menampilkan pentas drama/teater, musikalisasi, dan pameran prakarya.

Joko Rohadi Wibowo, M.Pd.I. selaku Dosen dan Koordinator Pelaksanaan   menyampaikan, kegiatan ini merupakan Praktik Seni yang selalu diadakan di setiap tahun oleh Mahasiswa semester lima, yang dibimbing oleh Dosen Pengampu Sania Mariant Sari, M.Pd. dan Sonia Anisah Utami, M.Sn.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof.Dr. Abdullah Idi, M.Ed., Wakil Dekan 2 Dr. Fitri Oviyanti, M.Ag., Wakil Dekan 3 Dr. KMS. Badaruddin, M.Ag., Ketua Prodi PGMI Dr. Tutut Handayani, M.Pd.I., Sekertaris Prodi PGMI Dra. H. Nurlaeli, M.Pd.I., para Dosen, para tamu undangan, Humas FITK dan Mahasiswa PGMI angkatan 2021, 2022, dan Mahasiswa penampil yakni angkatan 2020.

Festival ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed. Beliau dalam sambutannya mengatakan bahwa Prodi PGMI merupakan salah satu Prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan merupakan Prodi yang aktif dalam mengadakan kegiatan. “Lulusan Prodi PGMI akan menjadi Guru untuk peserta didiknya kelak dan menjadi guru yang kreatif, inovatif dan profesional. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dari tahun ketahun semakin lebih baik lagi dalam meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik, dan terus menjaga reputasi,” ujarnya.

Dekan FITK juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Prodi yang telah berkontribusi pada kemajuan Fakultas. “Calon Guru bukan hanya mengejar ijazah, tapi juga prestasi akademik dan non akademik. Kembangkanlah bakat di luar akademik sesuai dengan keahliannya,” tutur Beliau.

Selanjutnya Kaprodi PGMI dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya Festival Seni ini, “kegiatan ini merupakan output dari ujian akhir Mata Kuliah Seni Budaya dan Prakarya Mahasiswa PGMI angkatan 2020, terdiri dari 6 kelas yang akan menampilkan drama/musikalisasi teater dan juga terdapat pameran prakarya,” ujarnya. Tak lupa Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada Dosen pembimbing, segenap panitia, dan para Mahasiswa yang berpartisipasi dalam pentas seni ini, hingga dapat terlaksana dengan lancar.

Bu Tutut, sapaan akrabnya juga berharap, dengan diadakannya acara ini, mahasiswa lebih mengetahui dan mengerti bagaimana pentingnya seni dalam meningkatkan kreativitas diri.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penganugerahan piagam  PGMI award, untuk kategori Dosen terdisiplin Drs.Tastin M.Ag., Dosen Terfavorit Drs. Ahmad Syarifuddin, M.Pd., Dosen inspiratif 2022 Dr. Amir Rusdi, M.Pd.

Selanjutnya dilangsungkan penampilan drama musikalisasi dan pameran prakarya. Kegiatan berlangsung dengan meriah dan sukses, terlihat dari besarnya antusias para peserta, tamu undangan, dan Mahasiswa yang hadir.

X