Mahasiswa Baru PGMI mengikuti PBAK 2024, UIN Raden Fatah Siap Lahirkan Generasi Berkarakter dan Intelektual

Gelar PBAK 2024, UIN Raden Fatah Siap Lahirkan Generasi Berkarakter dan Intelektual

Ribuan Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Akademik 2024/2025 UIN Raden Fatah Palembang mengikuti pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK).

Wakil Rektor 1 UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr.Muhammad Adil, M.A. mengatakan pelaksanaan PBAK Arunika tahun 2024 ini dengan tema “Membentuk Generasi Muda yang Berinteklektual, Moderat dan Semangat yang Tinggi dalam Menyambut Indonesia Emas 2045. Adapun Filosofi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Arunika UIN Raden Fatah 2024 yaitu dirancang untuk mencerminkan nilai-nilai yang mendasari perjalanan akademik dan kehidupan kampus di UIN Raden Fatah.

“Filosofi PBAK juga menggaris bawahi pentingnya keberlanjutan dalam proses pembelajaran. Mahasiswa diharapkan untuk terus belajar sepanjang hayat dan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan komunitas.” ujar Prof Adil.

Lebih lanjut, Prof Adil mengatakan bahwa PBAK Arunika UIN Raden Fatah 2024 dapat menjadi fondasi yang kuat dalam membentuk mahasiswa baru yang berkarakter, berprestasi, dan mampu mengintegrasikan ilmu dan agama dalam kehidupan mereka.

“Selama kalian menjadi mahasiswa tidak banyak yang bisa menduduki bangku kuliah seperti kalian dari sekian juta penduduk Indonesia kalian diberikan amanah dan kepercayaan menjadi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang” ungkap Prof Adil.

Wakil Rektor 1 juga berharap dengan PBAK Arunika ini, Mahasiswa baru UIN Raden Fatah Palembang dapat mengedepankan sikap intelektual, seimbang, adil, serta toleran dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

“Puluhan ribu orang yang mendaftar dari lima jalur dan yang hadir hari ini adalah generasi terbaik yang akan menimbah ilmu selama empat tahun dan kami harap bisa menyandang gelar di UIN Raden Fatah Palembang,” tegasnya.

Dalam kegiatan PBAK tersebut, hadir juga Wakil Rektor III Dr. Hamidah, M.Ag., Kepala Biro AAKK, Kepala Laboratorium Terpadu, para Dekan dan Wakil Dekan, Dosen, serta Tenaga Kependidikan di UIN Raden Fatah Palembang. (Okta Darmawan)

Prodi PGMI Mengikuti Rangkaian Lomba Meriahkan HUT RI ke-79 Tahun 2024

HUMAS-FITK — 17 Agustus adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena momentum berdirinya NKRI. Untuk memperingati HUT RI yang ke-79 FITK UIN Raden Fatah Palembang mengadakan perlombaan yang diikuti oleh keluarga besar FITK, di antaranya lomba  karaoke, joged balon, kelereng, tarik tambang, dan memasukkan paku dalam botol. Lomba diadakan pada hari Kamis, 15 Agustus 2024.
Dekan FITK Prof. Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I.  menyampaikan, hari kemerdekan adalah momentum bagi rakyat Indonesia untuk menginggat perjuangan para pahlawan. Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan, FITK  mengadakan perlombaan. Selain meriah tentu dalam perlombaan tersebut dapat menambah rasa  persatuan, kekompakan dan kekeluargaan bagi civitas akademika FITK.
Dalam pesannya Dekan  mengingatkan untuk menjunjung sportifitas dalam perlombaan dan jangan sampai melakukan kecurangan, karena tujuan perlombaan ini adalah hiburan, meningkatkan kekeluargaan dan  silaturahmi.
Kabag FITK Eli Kusrini, M.Si., dalam kesempatan yang sama menyampaikan, “Tujuan kegiatan ini adalah ikut memeriahkan HUT RI ke-79. Selain itu melalui lomba ini, dengan menggalang kebersamaan dan kekompakan keluarga besar FITK, semoga FITK makin sukses dan maju.”
Beliau juga berpesan agar keluarga besar FITK bersama-sama menyukseskan lomba-lomba di FITK  dengan menjunjung sportifitas, demi kekompakan dan kebersamaan keluarga besar FITK.
Seluruh perlombaan diikuti penuh antusias dan semangat oleh keluarga besar FITK.
X