Fasilitas

Pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FITK mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tanggal 9 Juni 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 30 yaitu standar sarana dan prasarana pembelajaran  merupakan kriteria minimal tentang sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan isi dan proses pembelajaran dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan yang diuraikan dalam poin-poin berikut:

  1. Standar prasarana pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam pasal 30 terdiri atas:

Lahan

Ruang Kelas

Perpustakaan

Laboratorium/ Studio/bengkel kerja/unit produksi

Tempat olahraga

Ruang untuk berkesenian

Ruang unit kegiatan mahasiswa

Ruang pimpinan perguruan tinggi

Ruang dosen

Ruang tata usaha

Fasilitas umum

  1. Fasilitas umum antara lain: jalan, air, listrik, jaringan komunikasi suara dan data.
  2. Lahan yang dimaksud adalah lahan yang berada dalam lingkungan yang secara ekologis nyaman dan sehat untuk menunjang proses pembalajaran yang dimiliki oleh perguruan tinggi tersebut sejak didirikan.
  3. Berdasarkan pasal 34 bangunan perguruan tinggi harus memiliki standar kualitas minimal kelas A atau setara.
  4. Bangunan perguruan tinggi telah memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan kenyamanan dan keamanan serta dilengkapi dengan instalasi listrik yang berdaya mamadai dan instalasi baik limbah domestik maupun limbah khusus apabila diperlukan.
  5. Standar kualitas bangunan perguruan tinggi tersebut berdasarkan peraturan menteri yang menangani urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum.
  6. Pasal 35 Standar sarana pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam pasal 30 terdiri dari:

Perabot

Peralatan pendidikan

Media pendidikan

Buku, buku elektronik dan repository

Sarana teknlogi informasi dan telekomunikasi

Instrumentasi eksperimen

Sarana olahraga

Sarana berkesenian

Sarana fasilitas umum

Bahan habis pakai dan

Sarana pemeliharaan, keselaman dan keamanan

Jumlah, jenis dan spesifikasi sarana ditetapkan berdasarkan rasio penggunanan sarana sesuai dengan karakteristik metode dan bentuk pembelajaran serta harus menjamin terselanggaranya proses pembelajaran dan pelayanan administrasi akademik

  1. Pasal 36 yaitu:

Perguruan tinggi harus menyediakan sarana dan prasarana yang dapat diakses bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus.

Sarana dan prasarana tersebut antara lain: pelabelan dengan tulisan braille dan informasi dalam bentuk suara, lerengan (ramp) untuk pengguna kursi roda, jalur pemandu (guiding blok) dijalan atau koridor di lingkungan kampus, peta/ denah kampus dalam bentuk peta atau denah timbul dan toilet atau kamar mandi untuk pengguna kursi roda.

  1. Fakultas diharapkan menyediakan akses internet yang memadai.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mempunyai 3 gedung berlantai 4 yang antara lain diperuntukkan bagi Prodi PGMI. Untuk kepentingan Prodi PGMI terdapat 10 ruang kelas, tiga ruang laboratorium microteaching, 1 ruang laboratorium komputer, 2 ruang pertemuan, 2 ruang munaqasyah (ujian skripsi), 1 ruang kantor PPL-KKN, 1 kantor Ketua dan Sekretaris Prodi, 1 kantor sekretariat Prodi, 1 ruang gudang, 1 ruang mushala Prodi, satu ruang jurnal mengajar, ruang teatrikal, ruang fotocopy dan Sistem Informasi Akademik.

Adapun gedung bersama yang digunakan oleh civitas akademika Prodi PGMI dan Prodi/Prodi lain di lingkungan UIN Raden Fatah  terdiri dari: (a) Gedung PTIPD, (b) Gedung Lab. Terpadu, (c) Gedung Perpustakaan, (d) Gedung Pusat Bahasa, (e) Gedung Student Center, (f) Gedung Poliklinik, (g) Gedung Pusat Layanan Difabel, (h) Gedung LPM dan Lemlit, (i) Gedung Multipurpose, (j) Gedung Training Centre, (k) Gedung Club House, (l) Gedung Lab. Agama (masjid), (m) Gedung Koperasi Mahasiswa dan pusat pertokoan.

UIN Raden Fatah Palembang  memiliki Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) yang digunakan untuk memudahkan proses pembelajaran dan administrasi dengan basis online. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas berikut.

Komputer yang terhubung dengan jaringan luas/internet

UIN Raden Fatah Palembang  bekerjasama dengan Internet Service Provider (ISP) Lintas Artha, menyediakan bandwidh sebesar 450 MbpS yang terbagi menjadi 5 jalur berbeda. Oleh karena itu, seluruh perangkat komputer yang ada di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang  dapat terhubung dengan internet dengan menggunakan jaringan intranet maupun internet, baik berupa Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN). Di samping itu, di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang  telah tersedia acces wifi, sebanyak 150 point yang tersebar ke seluruh unit dan fakultas.

Software

Seluruh sistem operasi komputer menggunakan Windows dan sebagian Linux. Sistem operasi Windows digunakan untuk klien di semua user (unit dan fakultas) dan digunakan untuk server dengan Microsoft® Windows® Server yang berlisensi. Untuk menyimpan data yang besar, PUSTIPD menggunakan software Oracle yang berlisensi dan hingga kini terus digunakan di seluruh unit komputer yang tersebar di lingkungan fakultas.

e-learning

Untuk menunjang proses perkuliahan bagi mahasiswa dan dosen dengan memanfaatkan teknologi internet, PUSTIPD menyediakan sistem e-learning. Melalui sistem ini, dosen dapat meng-upload materi perkuliahan dan mahasiswa dapat men-download-nya dengan mudah. Selain untuk memudahkan pengaksesan materi, sistem ini juga dapat digunakan untuk konsultasi antara dosen dan mahasiswa yang sesuai dengan matakuliah yang ditempuh.

e-library

PUSTIPD juga menyediakan sistem layanan e-library yang beraneka ragam

Layanan katalog pustaka

Katalog perpustakaan online dapat diakses oleh semua sivitas akademika. Untuk mengaksesnya, mahasiswa menggunakan NIM (nomor induk mahasiswa) sebagai user name, dan pin registrasi sebagai password.

Layanan unduh pustaka

Untuk memudahkan pemilikan data berupa softfile yang dipublikasikan, PUSTIPD menyediakan sebuah sistem layanan digital library yang dapat diakses melalui situs http://diglib.radenfatah.ac.id. Untuk dapat mengaksesnya mahasiswa diminta membuat akun yang dapat ditanyakan pada jurusan masing-masing.

E-mail

Email merupakan alat komunikasi yang cukup vital di dunia maya. Saat ini UIN Raden Fatah Palembang  memiliki mail server hasil kerjasama dengan Google yang dikelola dan dipusatkan di PTIPD untuk menyediakan fasilitas email gratis bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan. E-mail tersebut dapat diakses melalui alamat http://mail.uin@radenfatah.ac.id.

Selain itu pihak UIN Raden Fatah Palembang, melalui Pusat Komunikasi dan Sistem Informasi dan Data (PUSTIPD) telah memanfaatkan sistem informasi secara online yang berupa:

Akses Internet Gratis

Akses internet gratis dapat dipakai untuk menggali ilmu dan pengetahuan yang bertebaran di dunia maya. PUSTIPD berusaha menyaring informasi-informasi yang disajikan, supaya informasi yang bisa diakses lebih terarah dan benar-benar dimanfaatkan dalam kegiatan akademik. Fasilitas tersebut saat ini sudah mencakup di sebagian besar area kampus UIN Raden Fatah Palembang, yaitu: semua gedung fakultas, pascasarjana, perpustakaan, PBBA, PTIPD, Lab. Terpadu, Lab. Agama, Poliklinik, Student Center, Club House, Multipurpose dan Pusat Administrasi Umum (BAAK). Untuk mengakses internet gratis baik melalui kabel maupun wifi, mahasiswa, dosen, dan karyawan tidak perlu mendaftarkan diri, karena username dan password akan diberikan langsung oleh PUSTIPD. Untuk mahasiswa, password bisa dilihat di kuitansi bukti pembayaran SPP dari bank. Jadi, mahasiswa yang sudah melakukan pembayaran SPP, akan otomatis memiliki hak untuk menggunakan akses internet gratis di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

Sistem Manajemen Akun

Sistem manajemen akun ini digunakan untuk mengelola pengguna internet di UIN Raden Fatah Palembang.

Layanan Internet Gratis di Luar Lingkungan Kampus

UIN Raden Fatah Palembang  memberikan fasilitas internet gratis di luar Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang  bagi dosen dan karyawan UIN Raden Fatah Palembang. Layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi dosen dan karyawan untuk melaksanakan tugas-tugas mereka di luar lingkungan kampus. Untuk mendapat fasilitas ini, dosen dan karyawan dapat melakukan pendaftaran di PUSTIPD.

Media online

Media online (a) E-Journal, (b) E-Book, (c) E-Repository, (d) E-Event, (e) E-Polling, (f) E-Quiz, (g) Sistem Layanan/Keluhan (SIKeluh), (h) Sistem Antrian, (i) Website.

Website-website yang dikembangkan oleh PUSTIPD meliputi website universitas, website fakultas/program pascasarjana, website jurusan/prodi. Selain itu PTIPD juga mengelola hosting untuk website unit-unit yang ada di UIN Raden Fatah Palembang, misalnya perpustakaan, PTIPD, laboratorium terpadu, dan PUSTIPD, serta website himpunan mahasiswa, contohnya HMPS di setiap fakultas.

Sistem penunjang

Ini merupakan sistem-sistem penunjang kegiatan akademikdi UIN Raden Fatah Palembang  yang dikembangkan oleh PTIPD. Sistem-sistem tersebut antara lain:

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Sistem Yudisium

Sistem Registrasi

Sistem Cetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Sistem Cetak Kartu Alumni

Sistem Pembayaran

Sistem Informasi Akademik (SIMAK)

Sistem Informasi Akademik (SIMAK) dibangun dengan tujuan untuk memberikan layanan kepada mahasiswa dan pihak administrator di tiap fakultas dalam menyelenggarakan sistem administrasi akademik. Di dalamnya terdapat layanan pengisian KRS online, KHS online, penjadwalan, presensi, nilai mahasiswa, menilai dosen untuk kepentingan Indeks Kinerja Dosen (IKD), dan lain-lain. Layanan ini berbasis web agar lebih leluasa untuk dapat diakses melalui jaringan internet.

Sistem Informasi Akademik (SIMAK) dapat diakses secara online di alamat: http.simak.radenfatah.ac.id yang di dalamnya terdapat beberapa modul untuk masing-masing fakultas. Untuk masuk ke sistem ini pertama kali, mahasiswa memerlukan username dan password yang secara default menggunakan NIM untuk username dan PIN dari pembayaran registrasi untuk password untuk password.

Bagi tenaga pengajar, dengan Sistem Informasi Akademik (SIMAK) melalui http://akademik.radenfatah.ac.id dapat mengakses kepembimbingan akademik, jadwal kuliah, jadwal ujian, input presensi, input nilai ujian, dan mengakses Indeks Kinerja Dosen (IKD).

Selain itu, PTIPD juga sedang mengembangkan sistem informasi akademik lainnya, berupa:

Sistem Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Sistem Skripsi/Munaqosyah

Sistem Indeks Kinerja Dosen dan Beban Kinerja Dosen

Sistem Beasiswa

Sistem Wisuda

Sistem Tracer Study/Alumni

Sistem Training dan Sertifikasi ICT

Sistem Training dan Sertifikasi Bahasa

Sistem Penelitian

Sistem Interkoneksi Perpustakaan

Sistem Laboratorium

Sistem Pelatihan Pengguna Perpustakaan

Tata Administrasi

Ini adalah Sistem Informasi Administrasi Umum yang dikembangkan oleh PUSTIPD untuk memudahkan kegiatan administrasi umum, yang terdiri dari:

Sistem Kepegawaian

Sistem Tata Persuratan

Sistem Manajemen Aset dan Ruangan

Sistem Perencanaan

Sistem Keuangan

Sistem Uang Kuliah Tunggal

Training ICT

Training ICT merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang  sesuai amanat penjaminan mutu. Sebagai rangkaian pelaksanaan kegiatan training ICT untuk mahasiswa baru, PUSTIPD akan melakukan placement test terlebih dahulu untuk melihat kemampuan awal mahasiswa baru. Selanjutnya, semua mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti pelaksanaan training ICT. Pendaftaran training ICT dilakukan secara online dengan jadwal disesuaikan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Sertifikasi ICT.

Ujian sertifikasi ICT diselenggarakan secara rutin bagi mahasiswa yang belum mendapatkan sertifikat ICT guna mendaftar ujian munaqosah.

Google Corner

Bekerjasama dengan Google, UIN Raden Fatah Palembang  mengembangan webmail.

Sarana dan prasarana Prodi PGMI secara umum terintegrasi dengan sarana dan prasarana yang dimiliki Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang meliputi gedung dengan fasilitas untuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan tamu. Suasana nyaman dan asri, dan dilengkapi dengan taman yang terawat dengan baik. Sarana pembelajaran dalam ruang kelas mengacu pada SOP Sarana dan Prasarana Perkuliahan. Sedangkan sarana pembelajaran di luar perkulihan dengan memanfaatkan lembaga pendidikan di sekolah dan madrasah melalui MoU antar lembaga. Sarana standar yang harus ada di ruang kelas adalah meja dan kursi dosen, kursi/meja mahasiswa, whiteboard, spidol boardmarker, dan LCD Proyektor. Di samping itu, dosen dan mahasiswa dapat menggunakan hotspot pada setiap ruangan.

Sedangkan sarana pembelajaran di luar ruang kuliah, mahasiswa dapat mengakses pusat bahasa dan budaya untuk mengembangkan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Selanjutnya untuk mengembangkan informasi dan teknologi mahasiswa dapat memanfaatkan laboratorium pusat komputer di PTIPD. Perpustakaan Prodi PGMI dikelola secara terpusat di Perpustakaan Universitas dengan menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap.

Untuk menciptakan interaksi akademik sivitas akademika, Prodi PGMI mempunyai jurnal. Penelitian pada tingkat fakultas juga telah diikuti oleh beberapa dosen prodi, demikian juga penelitian yang dilakukan beberapa dosen prodi dengan dana universitas. Fasilitas kelas yang cukup memadai, memungkinkan terjadinya interaksi antara civitas akademika. Majalah dinding yang terpampang di luar sekretariat prodi juga digunakan oleh mahasiswa sebagai wahana terciptanya suasana akademik di Prodi PGMI.

X