Pengabdian Masyarakat Prodi PGMI di MI Azharyah Palembang

Prodi PGMI FITK kembali mengadakan kegiatan PKM di Madrasah. Kali ini madrasah yang dituju adalah MI Azahriyah Palembang.

Kaprodi PGMI Dr. Hj Mardiah Astuti, M.Pd.I memberikan sambutan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MI Azharyah Palembang bersama Kepala MI Azharyah Palembang (sebelah kiri) dan Sekretari Prodi PGMI ibu Dr. Tutut Handayani, M.Pd.I (sebelah kanan) 01/08/2018

Dalam  sambutannya, Kaprodi PGMI, Dr. Hj. Mardiah Astuti, M.Pd.I mengatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru, terutama dalam hal penilaian. Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan keterampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk. Proses pembentukan keterampilan terutama keterampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan keterampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.

Kaprodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang dan Kepala MI Azharyah Palembang melakukan penandatanganan MOU. 01/08/2018

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2018 dari jam 8 s.d. selesai diawali dengan penandatanganan MOU antara Prodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang dengan MI Azharyah Palembang. Adapun tajuk yang diusung adalah pelatihan pengembangn penilaian autentik dalam pembelajaran tematik di MI/SD.

Salah satu narasumber menyampaikan materi pengembangan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik di MI/SD. 01/08/2018
Para Dosen Prodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang berfoto bersama dengan para guru MI Azharyah Palembang. 01/08/2018
Sosialisasi visi misi Prodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang di MI Azharyah Palembang. 01/08/2018

Secara garis besar, konten materi diarahkan pada penilaian autentik. Secara khusus narasumber mengarahkan penilaian pembelajaran yang telah dilaksanakan sebaiknya  memperhatikan hal berikut.

1. Mengingat K13 lebih kompleks dibanding sebelumnya, selain aspek kognitif guru juga harus memperhatikan kegiatan pembelajaran terutama aspek sikap dan keterampilan agar pencapaian penguasaan materi pelajaran lebih baik lagi.

2. Penerapan penilaian yang lebih komprehensif dengan diimbangi metode mengajar yang digunakan harus bervariasi, sehingga akan memotivasi siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran di kelas.

3. Siswa yang kurang atau lamban dalam belajar, harus banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat mengejar kekurangan-kekurangannya. (H/A)

X