Pengabdian Masyarakat Prodi PGMI di MI Teladan Palembang

Prodi PGMI FITK kembali mengadakan kegiatan Pengbdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini sekolah yang menjadi lokasi PKM adalah MI Teladan Palembang.

Para Dosen Prodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang berfoto bersama dengan para Guru MI Teladan Palembang (09/08/18)

Sementara itu, dalam sambutannya Kaprodi PGMI Dr.Hj. Mardiah Astuti, M.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan PKM ini merupakan kegiatan yang menjadi bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain dalam rangka pelatihan, beliau juga berharap agar ke depan tetap terjalin kerja sama antara PGMI dengan MI Teladan, misalnya dalam kegiatan Magang.

Kaprodi PGMI Dr. Hj. Mardiah Astuti, M.Pd.I memberikan sambutan pada acara PKM di MI Teladan Palembang (09/08/18)

Acara PKM difokuskan pada 2 hal yaitu: (1) pelatihan pengembangan penilaian autentik dan (2) penandatangan MoA antara Prodi PGMI  FITK UIN Raden Fatah Palembang dengan MI Teladan Palembang.

Kaprodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang dan Kepala MI Teladan Palembang melakukan penandatanganan MoA (09/08/18)
Kaprodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang memberikan cinderamata kepada Kepala MI Teladan Palembang (09/08/18)

Pemateri dalam kegiatan PKM ini adalah Muhamad Afandi, M.Pd.I dosen tetap Prodi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang.

Narasumber Muhamad Afandi, M.Pd.I memberikan pelatihan tentang penilaian autentik pada kurikulum 2013 (09/08/18)

Dalam materinya, beliau menyatakan bahwa penilaian autentik merupakan penilaian proses dan juga penilaian hasil belajar yang dilakukan secara akurat, obyektif, dan  akuntabel. Penilaian ini meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Penilaian aspek kognitif dilakukan oleh guru dengan cara memberikan tes. Tes tersebut dapat berupa tes tertulis, lisan, dan penugasan. Untuk penilaian aspek afektif yang terbagi pada aspek spiritual dan sosial dilakukan dengan observasi atau pengamatan baik di dalam atau pun di luar proses pembelajaran. Penilaian ini dapat dilakukan oleh guru, peserta didik (penilaian diri), dan antar peserta didik (penilaian antar teman). Sedangkan pada penilaian aspek psikomotorik, penilaian dilakukan oleh guru dengan memberikan tugas yang berbasis pada kinerja atau praktik, produk, proyek, portofolio dan lainnya. (H/A)

 

 

X