Mahasiswa PGMI Menorehkan Prestasi di Muswil IMPI Sumatera

Palembang – FITK khususnya Prodi PGMI kembali menorehkan prestasinya melalui hasil karya mahasiswanya, yakni M. Jayanto. Prestasi yang diraihnya adalah sebagai pemenang lomba pembuatan media pembelajaran tingkat regional di Bengkulu.

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi PGMI ini merupakan mahasiswa semeter 4 angkatan 2016 sekaligus salah satu anggota HMPS PGMI. Bersama beberapa anggota lainnya, M. Jayanto menjadi peserta dalam Muswil IMPI di Bengkulu. Pada tanggal 8 April 2018 ketua HMPS PGMI, Zaenuri mendelegasikan M. Jayanto untuk mengikuti lomba media pembelajaran di Bengkulu yang mana sebelumnya sudah mendapatkan undangan dari HIMA/HMPS kampus IAIN Bengkulu dalam rangka Muswil IMPI ke 4 wilayah Sumatera.

Jayanto hadir  dan ikut serta dalam perlombaan media pembelajaran tersebut di Bengkulu dengan tema bumi yang mana sub-temanya adalah bumi, matahari, dan bulan. Dengan alat dan bahan sederhana seperti bola kecil dan bola sedang, kawat, dan lampu, Jayanto berhasil menciptakan model untuk media. Selanjutnya, Jayanto mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan. Ia memperagakan  alat tersebut. Tahap berikutnya ia mengembangknnya dengan memvideokannya dan mengaitkan dengan materi tematik MI/SD sebagai implementasi tematik ICT yang telah diperoleh sebelumnya dalam pelatihan ICT yang telah diselenggarakan oleh prodi PGMI. Media Pembelajaran berbasis ICT merupakan salah satu SKPI Prodi PGMI. Dengan kolaborasi inilah, akhirnya ia bisa menjadi pemenang dalam lomba media pembelajaran tersebut. M. Jayanto menyampaikan, “Itu semua berkat dukungan dan usaha semua pihak. Oleh karena itu, saya mengucapakan terima kasih kepada kaprodi ibu Dr. Hj. Mardiah Astuti, M.Pd, bapak Amir Hamzah M.Pd., Bapak Paisal, dan ketua HMPS PGMI, Zaenuri.” (H/A)

Sumber : Humas PGMI

 

X