Pelatihan E-Learning dan E-Skripsi Mahasiswa Prodi PGMI

Palembang – Prodi PGMI FITK kembali mengadakan pelatihan e-Learning. Jika pekan sebelumnya pelatihan ini untuk dosen, pekan ini diberlakukan untuk mahasiswa sekaligus diikuti dengan pelatihan e-Skripsi.

e-Skripsi merupakan program turunan dari Universitas & Fakultas. Tujuannya adalah memudahkn mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Ini berbentuk digital yang mana dapat memperkaya koleksi Perpustakaan yang dapat diakses secara online. Mahasiswa  yang telah selesai menyusun diwajibkan untuk mengupload tugas akhir ke fasilitas e-Skripsi. Kegunaannya adalah dalam rangka melindungi hak cipta dan menghindari terjadinya plagiarisme. Karenanya, setiap dokumen yang diupload harus diberi watermark terlebih dahulu. Dokumen diharuskan memiliki watermark. Pada pedoman e-skripsi ini, terdapat langkah-langkah dalam pembuatan watermark.

Sambutan Kaprodi PGMI

Dalam sambutannya, kaprodi PGMI, Dr. Hj. Mardiah Astuti, M.Pd.I menyatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah agar proses  belajar dan mengajar lebih leluasa karena multi akses, pada perinsipnya teknologi tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: Technology based learning dan Technology based web-learning. Technology based learning ini pada prinsipnya terdiri dari Audio Information technologies (radio, audio tape, voice mail telephone) dan Video Information Technologies (video tape, video text, video messaging). Sedangkan technology based web-learning pada dasarnya adalah Data Information Technologies (bulletin board, Internet, e-mail, tele-collaboration).

Dalam  pelaksanaan meliputi: pre-launch, launch dan post-launch. Evaluasi dilakukan terhadap hasil pembelajaran peserta pelatihan yang berhubungan dengan pemakaian materi. Penilaian akan dilakukan secara bertingkat sebagai berikut: (1) mengukur kepuasaan peserta pelatihan dari segi interaksi dan tampilan program e-Learning; (2) mengukur hasil pembelajaran, apakah peserta pelatihan dapat menyerap materi; (3) mengukur apakah materi pembelajaran benar-benar digunakan oleh peserta pelatihan ketika melakukan kegiatan sehari-hari sehingga kinerja meningkat; dan (4) mengukur berapa banyak hasil yang didapat oleh organisasi dengan adanya pelatihan e-learning sehingga kinerja dosen sebagai sumber daya manusia meningkat.

Mahasiswa PGMI mengikulti pelatihan e-learning dan e-skrpsi

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh perangkat kelas prodi PGMI. Perwakilan ketua / sekretaris kelas ini begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Seperti yang dijelaskan oleh Bina Skripsi PGMI Muhamad Afandi, M.Pd.I pelatihan ini sangat baik diikuti oleh para mahasiswa. E-learning & E-skripsi ini  mampu menyajikan pengalaman belajar yang bermakna melalui pemanfaatan teknologi dan informasi yang intensif. Dalam tujuan jangka panjang, diharapkan  e-learning dan e-skripsi mampu untuk :

  1. Menfasilitasi  komunikasi dan interaksi antar mahasiswa dengan dosen.
  2. Meningkatkan kolaborasi antar mahasiswa untuk membentuk komunitas belajar.
  3. Mendorong mahasiswa untuk secara mandiri mencari sumber belajar dan mencapai makna.
  4. Memberikan umpan balik lintas ruang dan waktu.
  5. Memberikan akses kepada beragam sumber. (H/A)

Sumber : Humas PGMI

X